Wednesday 18 February 2009

Pertambangan Emas Cikotok ? ? ?

   Pernah mendengar kata “Cikotok”? Ya…desa yang dulu terkenal dengan pertambangan emas, terletak di Banten Selatan. Sejak zaman penjajahan Belanda sampai sekarang eksplorasi emas di daerah ini masih terus dilakukan. Konon katanya,emas yang dihasilkan dari daerah ini sudah lebih dari ratusan kilo. Tapi... Kami tak pernah tahu kemanakah bongkahan-bongkahan emas Yang dihasilkan dari daerah kami ini?. PT.ANEKA TAMBANG yang sepenuhnya mengeksploitasi daerah kami. Perusahaan ini mampu menyerap sedikit warga setempat  menjadi karyawan dengan golongan terendah.
    Nasib kami tidak jauh berbeda dengan nasib warga di daerah pertambangan lainnya. Seperti yang diceritakan di film LASKAR PELANGI. Fasilitas yang dibangun yahh hanya dinikmati orang yang berstatus karyawan saja, Sedang…Untuk Warga Biasa Anda Tinggal Gigit Jari….
              Kandungan emas di daerah kami semakin hari semakin menipis…Sampai Akhirnya Tahun 1994 PT.ANTAM CIKOTOK resmi ditutup. Namun, perusahaan masih beroperasi dalam skala kecil. Hingga pada tahun 2011 (Kalo tak salah), sudah tak ada lagi aktivitas pertambangan oleh perusahaan.
        Sebuah pertanyaan mulai terbesit "Bagaimana dengan perekonomian masyarakat pasca tambang?" .Pertanyaan ini mungkin hanya kegelisahan saya saja sebagai warga Cikotok. Pasca Tambang...Hampir 85 % Warga Cikotok, bekerja sebagai penambang liar. Lahan pertambangan yang sudah ditutup PT.ANTAM, kembali dibuka masyarakat. Sudah tak layak ditambang, tapi terus dipaksakan, karena sebuah tuntutan "Ekonomi". 
            Sampai Kapan Pertambangan Liar ini akan bertahan? Sumber Daya Alam yang tak bisa kita perbaharui akan habis pada masanya. Lahan-lahan kritis yang ditingggalkan,siapa yang akan peduli? Akankah cerita kejayaan Pertambangan Emas Cikotok sampai ke anak cucu kita? Akankah mereka berbangga bahwa kampungnya pernah menjadi penyumbang emas di negeri ini? Atau Justru sebaliknya mereka akan kecewa karena kita tak menyisakan warisan lingkungan yang tak layak mereka huni di kemudian hari? Air dan tanah yang sudah tercemar merkuri? dan goa-goa yang dibiarkan menganga tanpa ditutup kembali.


No comments :

Post a Comment

Arsip